SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas : X
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran
Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel
materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
· Peran kimia dalam kehidupan.
· Hakikat ilmu kimia
· Metode ilmiah dan keselamatan
kerja
|
Mengamati
· Mengamati produk-produk kimia
dalam kehidupan, misalnya sabun, detergen,pasta gigi, shampo, kosmetik, obat,
susu, keju, mentega, minyak goreng, garam dapur, dan asam cuka.
·
Membaca artikel tentang peran kimia dalam perkembangan ilmu lain
(farmasi,geologi, pertanian, kesehatan) dan peran kimia dalam menyelesaikan
masalah global.
·
Membaca artikel tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan
keselamatan kerja di laboratorium.
Menanya
· Mengajukan pertanyaan berkaitan
dengan hasil pengamatan, misalnya:
- Apa yang dipelajari dalam kimia?
-
Apa manfaatnya belajar kimia dan kaitannya dengan karir masa depan?
Pengumpulan data
· Mengkaji literatur tentang peran kimia
dalam kehidupan, perkembangan IPTEK, dan dalam menyelesaikan masalah global.
· Mengunjungi laboratorium untuk
mengenal alat-alat dan bahan kimia serta tata tertib laboratorium.
· Mendiskusikan kerja seorang
ilmuwan kimia dalam melakukan penelitian untuk memperoleh produk kimia
menggunakan metode ilmiah meliputi: penemuan masalah, perumusan masalah,
membuat hipotesis, melakukan percobaan dan mengolah data serta membuat
laporan.
Mengasosiasi
· Menyimpulkan hasil pengamatan dan diskusi tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah
dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan.
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan hasil pengamatan dan diskusi tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah
dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan dengan tata bahasa
yang benar.
|
Tugas
·
Membuat laporan tentang hakikat ilmu kimia,
metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan.
Observasi
·
Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan
lembar pengamatan
Portofolio
· Laporan pengamatan
Tes
·
Tertulis membuat
bagan / skema tentang hakikat kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja
serta peran kimia dalam kehidupan
|
1 mgg x 3 jp
|
·
Buku teks kimia
·
Literatur lainnya
·
Encarta Encyclopedia
·
Lembar kerja
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif )
dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan
dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.3 Menunjukkan perilaku
responsif, dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
|
|||||
3.1 Memahami hakikat ilmu kimia, metode
ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan.
|
|||||
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang hakikat ilmu kimia, metode
ilmiah dan keselamatan kerja dalam mempelajari kimia serta peran kimia dalam kehidupan.
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran
Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel
materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
·
Perkembangan model atom
·
Struktur atom Bohr dan mekanika kuantum.
·
Nomor atom dan nomor massa
· Konfigurasi elektron
dan Diagram orbital
·
Bilangan
kuantum dan bentuk orbital.
·
Golongan dan periode
·
Sifat keperiodikan unsur
·
Isotop, isobar, isoton
|
Mengamati
·
Mengamati perkembangan model atom dan partikel penyusun atom serta hubungannya dengan nomor massa dan nomor atom.
·
Mengamati tabel periodik modern
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan berkaitan
dengan struktur atom, misalnya: apa
saja partikel penyusun atom? Bagaimana partikel-partikel tersusun dalam atom? Dimana posisi elektron dalam atom?
Mengapa model atom mengalami perkembangan?
·
Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan tabel periodik, misalnya: apa
dasar pengelompokan unsur dalam tabel periodik? Bagaimana hubungan konfigurasi
elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik?
Pengumpulan data
·
Melakukan analisis dan diskusi tekait dengan perkembangan model atom.
·
Menganalisis perkembangan model atom yang satu terhadap model atom yang lain.
·
Mengamati nomor atom dan nomor massa beberapa unsur untuk menentukan
jumlah elektron, proton dan netron unsur tersebut.
·
Menganalisis hubungan konfigurasi elektron dengan nomor atom.
·
Mendiskusikan konfigurasi elektron dan diagram orbital dari unsur
tertentu.
·
Mendiskusikan bilangan kuantum dan bentuk orbital suatu unsur.
·
Menganalisis hubungan antara nomor atom dan
konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel
periodik (golongan dan periode).
·
Menganalisis tabel dan grafik hubungan antara nomor atom dengan sifat
keperiodikan unsur (jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elekton, dan
keelektronegtifan)
·
Menganalisis nomor atom dan nomor massa beberapa contoh kasus pada unsure untuk memahami isotop, isobar,
dan isoton.
Mengasosiasi
·
Menyimpulkan bahwa golongan dan periode unsur ditentukan
oleh nomor atom dan konfigurasi elektron.
·
Menyimpulkan adanya hubungan antara nomor atom dengan sifat
keperiodikan unsur (jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elekton, dan
keelektronegtifan)
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan hasil rangkuman tentang perkembangan
model
atom dan tabel periodic unsur dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
|
Tugas :
· Membuat peta konsep tentang perkembangan model atom dan
tabel periodik serta
mempre-sentasikannya
Observasi
·
Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan
lembar pengamatan
Portofolio
· Peta konsep
Tes tertulis uraian:
·
Menentukan jumlah elektron, proton, dan netron dalam
atom
·
Menentukan konfigurasi elektron dan diagram orbital
·
Menentukan bilangan kuantum dan bentuk orbital
·
Menganalisis letak unsur dalam
tabel periodik berdasarkan konfigurasi elektron
·
Menganalisis kecenderungan sifat keperiodikan unsur dalam
satu golongan atau periode berdasar kan data
|
8 mgg x 3 jp
|
·
Buku teks kimia
·
Literatur lainnya
·
Encarta Encyclopedia
·
Lembar kerja
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif ) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama,santun,
toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan perilaku
responsif, dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
|
|||||
3.2
Menganalisis perkembangan model atom
3.3
Menganalisis struktur atom berdasarkan teori atom Bohr
dan teori mekanika kuantum.
3.4
Menganalisis hubungan
konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan letak unsur dalam
tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
|
|||||
4.2
Mengolah dan menganalisis perkembangan model atom.
4.3
Mengolah dan menganalisis truktur
atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum.
4.4
Menyajikan hasil analisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram
orbital untuk menentukan letak unsur
dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
|
|||||
1.1
Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran
Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel
materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya
bersifat tentatif.
|
·
Struktur Lewis
·
Ikatan ion dan ikatan kovalen
·
Ikatan kovalen koordinasi
·
Senyawa kovalen polar dan non polar.
·
Ikatan logam
·
Gaya antar molekul
·
Sifat fisik senyawa.
· Bentuk molekul
|
Mengamati
·
Membaca tabel titik leleh beberapa
senyawa ion dan senyawa kovalen
·
Membaca
titik didih senyawa hidrogen
halida.
·
Mengamati
struktur Lewis beberapa unsur.
Menanya
·
Dari tabel
tersebut muncul pertanyaan, mengapa ada senyawa yang titik lelehnya rendah dan ada yang titik
lelehnya tinggi?
·
Mengapa titik didih air tinggi pada hal air mempunyai massa molekul relatif kecil?
·
Mengapa atom logam cenderung
melepaskan elektron? Mengapa atom nonlogam cenderung menerima elektron dari
atom lain? Bagaimana proses terbentuknya ikatan ion? Bagaimana ikatan kovalen
terbentuk? Apakah ada hubungan antara ikatan kimia dengan sifat fisis
senyawa?
Pengumpulan data
·
Mengingatkan susunan elektron valensi dalam orbital.
·
Menggambarkan awan elektron valensi berdasarkan susunan elektron dalam
orbital.
·
Menganalisis pembentukan senyawa berdasarkan
pembentukan ikatan (berhubungan dengan kecenderungan atom untuk mencapai kestabilan).
·
Membandingkan proses terbentuknya ikatan ion dan ikatan kovalen.
·
Menganalisis penyebab perbedaan titik leleh antara senyawa ion dan
kovalen.
·
Menganalisis
beberapa contoh pembentukan senyawa kovalen dan senyawa ion.
·
Menganalisis beberapa contoh senyawa kovalen tunggal, kovalen rangkap
dua, kovalen rangkap tiga dan kovalen koordinasi.
·
Menganalisis sifat logam dengan proses pembentukan ikatan logam.
·
Menganalisis
hubungan antara keelektronegatifan unsur dengan kecenderungan interaksi antar
molekulnya
· Menganalisis pengaruh interaksi antarmolekul terhadap sifat fisis
materi.
·
Merancang percobaan kepolaran beberapa senyawa (mewakili senyawa kovalen, kovalen polar
dan senyawa ionik)
serta mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan persepsi.
·
Melakukan
percobaan terkait kepolaran beberapa senyawa (mewakili senyawa kovalen, kovalen polar dan senyawa
ionik).
·
Mengamati dan mencatat hasil percobaan kepolaran senyawa.
·
Menganalisis
dan menyimpulkan hasil percobaan dikaitkan dengan data keelektronegatifan.
Mengasosiasi
· Menganalisis konfigurasi elektron dan struktur Lewis dalam proses
pembentukan ikatan kimia.
· Menyimpulkan bahwa jenis
ikatan kimia
berpengaruh kepada sifat fisik materi.
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan hasil analisis
perbandingan
pembentukan ikatan.
·
Menyimpulkan hasil percobaan tentang kepolaran senyawa dan mempresentasikan dengan menggunakan bahasa yang benar.
Mengamati
· Mengamati
gambar bentuk molekul beberapa senyawa.
Menanya
·
Bagaimana menentukan bentuk molekul suatu senyawa?
Pengumpulan data
·
Mengkaji literatur untuk meramalkan bentuk molekul dan mengkaitkan hubungan bentuk molekul
dengan kepolaran senyawa.
Mengasosiasi
·
Menyimpulkan bentuk molekul berdasarkan teori jumlah
pasangan elektron di sekitar inti atom.
·
Menyimpulkan hubungan bentuk molekul dengan kepolaran senyawa.
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan gambar bentuk molekul berdasarkan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom.
· Menyajikan hubungan kepolaran senyawa dengan bentuk
molekul.
|
Tugas :
·
Merancang percobaan tentang kepolaran senyawa
Observasi
·
Sikap ilmiah dalam mencatat data hasil percobaan
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
· Membandingkan proses pemben-tukan ion dan ikatan kovalen.
· Membedakan ikatan kovalen tunggal
dan ikatan kovalen rangkap
· Menganalisis kepolaran senyawa
· Menganalisis hubungan antara jenis
ikatan dengan sifat fisis senyawa
· Menganalisis bentuk molekul
|
10
mgg x 3 jp
|
·
Buku teks kimia
·
Literatur lainnya
·
Encarta Encyclopedia
·
Lembar kerja
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif )
dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan
dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan
perilaku kerjasama, santun,
toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif, dan
proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
|
|||||
3.5 Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan
kovalen, ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam serta interaksi antar partikel
(atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
3.6 Menganalisis kepolaran senyawa.
3.7 Menganalisis teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom (Teori Domain
Elektron) untuk menentukan bentuk molekul.
|
|||||
4.5
Mengolah dan menganalisis perbandingan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam
serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya
dengan sifat fisik materi.
4.6 Merancang, melakukan, dan menyimpulkan
serta menyajikan hasil percobaan kepolaran senyawa.
4.7 Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori jumlah pasangan elektron di
sekitar inti atom (Teori Domain Elektron).
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran
Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel
materi sebagai hasil pemikiran
kreatif
manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
· Larutan elektrolit dan nonelektrolit
-
|
Mengamati
·
Mengkaji literatur tentang larutan elektrolit dan
nonelektrolit.
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan apakah semua larutan dapat
menghantarkan arus listrik? Mengapa ketika banjir orang bisa tersengat arus
listrik? Apa manfaat larutan elektrolit dalam kehidupan?
Pengumpulan data
·
Merancang percobaan untuk
menyelidiki sifat larutan berdasarkan daya hantar listrik dan
mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan
persepsi.
·
Melakukan percobaan.daya hantar listrik pada beberapa larutan.
·
Mengamati dan mencatat data hasil
percobaan.daya hantar listrik pada beberapa
larutan.
Mengasosiasi
·
Menganalisis data hasil
percobaan untuk menyimpulkan sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya (larutan elektrolit dan larutan
non-elektrolit).
·
Mengelompokkan larutan
berdasarkan jenis ikatan dan menjelaskannya.
·
Menyimpulkan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion atau senyawa kovalen polar
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan laporan hasil
percobaan tentang daya hantar listrik larutan elektrolit
kuat, larutan elektrolit lemah, dan
larutan nonelektrolit.
|
Tugas
·
Membuat peta konsep tentang
larutan elektrolit dan nonelektrolit
·
Merancang percobaan
Observasi
·
Sikap ilmiah saat merancang dan
melakukan percobaan serta saat presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
·
Peta
konsep
·
Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
·
Menganalisis penyebab larutan
elektrolit dapat menghantarkan arus listrik
·
Mengelompok-
kan larutan elektrolit dan nonelektrolit
serta larutan elektrolit kuat dan elektrolit lemah berdasar-kan data percobaan.
|
2 mgg x 3 jp
|
·
Buku teks kimia
·
Literatur lainnya
·
Encarta Encyclopedia
·
Lembar kerja
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu
membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis,
kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif ) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama,santun,
toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.4 Menunjukkan perilaku responsif, dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud
kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan
|
|||||
3.8
Menganalisis sifat larutan elektrolit dan larutan
nonelektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.
|
|||||
4.8
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil
percobaan untuk mengetahui sifat larutan elektrolit dan larutan non-
elektrolit .
|
|||||
1.1
Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran
Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel
materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
·
Konsep reaksi oksidasi - reduksi
·
Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion
·
Tata nama senyawa
|
Mengamati
·
Mengamati ciri-ciri perubahan kimia (reaksi kimia), misalnya buah (apel, kentang atau pisang)
yang dibelah dan dibiarkan di udara terbuka serta mengamati karat besi untuk
menjelaskan reaksi oksidasi-reduksi.
·
Menyimak penjelasan tentang perkembangan
konsep reaksi oksidasi-reduksi dan bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion.
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan mengapa
buah apel, kentang atau pisang yang tadinya berwarna putih setelah dibiarkan
di udara menjadi berwarna coklat?
·
Mengapa besi bisa berkarat?
Bagaimana menuliskan persamaan reaksinya?
·
Bagaimana menentukan bilangan oksidasi unsur
dalam senyawa atau ion?
Pengumpulan
data
·
Merancang percobaan reaksi pembakaran dan serah
terima elektron serta mempresen-tasikan
hasilmya untuk menyamakan persepsi.
·
Melakukan percobaan reaksi pembakaran dan serah terima
elektron.
·
Mengamati dan mencatat hasil
percobaan reaksi pembakaran dan
serah terima elektron.
·
Mendiskusikan hasil kajian literatur untuk menjawab pertanyaan tentang
bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion.
Mengasosiasi
·
Menganalisis data untuk
menyimpulkan reaksi pembakaran
dan serah terima elektron
·
Menuliskan reaksi pembakaran
hasil percobaan.
·
Menyamakan jumlah unsur sebelum
dan sesudah reaksi.
·
Berlatih menuliskan persamaan reaksi
pembakaran.
·
Menuliskan reaksi serah terima
elektron hasil percobaan.
·
Berlatih menuliskan persamaan
reaksi serah terima elektron.
·
Menganalisis dan menyimpulkan
bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion.
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan hasil percobaan .reaksi pembakaran dan
serah terima elektron.
·
Menyajikan penyelesaian penentuan bilangan oksidasi
unsur dalam senyawa atau ion.
Mengamati
·
Mengkaji literatur tentang tata
nama senyawa anorganik dan organik sederhana menurut aturan IUPAC.
Menanya
·
Bagaimana menerapkan aturan
IUPAC untuk memberi nama senyawa.
Pengumpulan data
· Mengkaji
literatur untuk menjawab pertanyaan
yang berkaitan dengan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana menurut aturan IUPAC.
·
Mendiskusikan aturan IUPAC untuk
memberi nama senyawa.
Mengasosiasi
·
Menyimpulkan penerapan aturan
tata nama senyawa anorganik dan
organik sederhana menurut aturan IUPAC.
·
Berlatih memberi nama senyawa
sesuai aturan IUPAC.
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan penerapan aturan tata nama senyawa anorganik
dan organik sederhana menurut aturan IUPAC menggunakan
tata bahasa yang benar.
|
Tugas
· Merancang percobaan reaksi pembakaran dan serah terima elektron
Observasi
·
Sikap ilmiah saat merancang dan
melakukan percobaan serta saat presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
·
Laporan percobaan
Tes tertulis
·
Menganalisis unsur yang
mengalami oksidasi dan unsur yang mengalami reduksi
·
Menuliskan persamaan reaksi oksidasi
reduksi
·
Menganalisis bilangan oksidasi
unsur dalam senyawa atau ion
·
Memberi nama senyawa-senyawa
kimia menurut aturan IUPAC
|
6
mgg x 3 jp
|
·
Buku teks kimia
·
Literatur lainnya
·
Encarta Encyclopedia
·
Lembar kerja
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif )
dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan
dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan
perilaku kerjasama,santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif, dan
proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan
|
|||||
3.9
Menganalisis perkembangan konsep reaksi oksidasi-reduksi
serta menentukan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau ion.
3.10
Menerapkan aturan IUPAC untuk
penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana.
|
|||||
4.9 Merancang, melakukan, dan
menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan reaksi oksidasi-reduksi.
4.10 Menalar aturan IUPAC dalam penamaan senyawa anorganik dan organik
sederhana.
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran
Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel
materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
·
Massa atom relatif (Ar) dan
Massa molekul relatif (Mr)
·
Persamaan reaksi
· Hukum dasar kimia
- hukum Lavoisier
- hukum Proust
- hukum Dalton
- hukum Gay
Lussac
- hukum Avogadro
·
Konsep
Mol
-
massa
molar
-
volume
molar
gas
-
Rumus
empiris
dan
rumus molekul.
-
Senyawa
hidrat.
- Kadar zat (persentase massa, persentase
volume, bagian per Juta atau part per million, molaritas, molalitas, fraksi
mol).
· Perhitungan kimia
- hubungan antara jumlah mol,
partikel, massa dan volume gas dalam persamaan reaksi.
- pereaksi pembatas.
|
Mengamati
·
Membaca literatur tentang massa atom relatif dan massa molekul
relatif, persamaan reaksi, hukum dasar kimia dan konsep mol.
·
Mengkaji
literatur tentang penerapan konsep mol dalam perhitungan
kimia.
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan bagaimana cara menentukan massa atom relatif dan
massa molekul relatif suatu senyawa? Bagaimana cara menyetarakan persamaan reaksi?
·
Mengajukan pertanyaan bagaimana
membedakan rumus empiris dengan rumus molekul? Mengapa terbentuk senyawa hidrat?
Bagaimana menentukan kadar zat?
·
Mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan penerapan konsep mol dalam perhitungan kimia.
Pengumpulan Data
·
Mendiskusikan cara menentukan
massa atom relatif dan massa molekul relatif.
·
Mendiskusikan cara menyetarakan
persamaan reaksi.
·
Merancang percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier
serta mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi.
·
Melakukan percobaan untuk
membuktikan hukum Lavoisier.
·
Mengamati dan mencatat data hasil
percobaan hukum Lavoisier.
· Mendiskusikan hukum
Proust , hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro.
·
Mendiskusikan massa molar, volume molar gas, rumus empiris dan rumus molekul serta
senyawa hidrat.
·
Mendiskusikan penentuan kadar zat dalam
campuran.
·
Menganalisis konsep mol
untuk menyelesai-kan perhitungan kimia
(hubungan antara jumlah mol, partikel, massa dan volume gas dalam persamaan
reaksi serta pereaksi pembatas).
Mengasosiasi
·
Berlatih menghitung massa atom
relatif dan massa molekul relatif
·
Berlatih menyetarakan persamaan
reaksi.
·
Menganalisis data untuk
membuktikan hukum Lavoisier.
·
Menganalisis hasil kajian untuk
menyimpulkan hukum Proust ,
hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro.
·
Berlatih menentukan massa molar
dan volume molar gas.
·
Menghubungkan rumus empiris
dengan rumus molekul
·
Menghitung banyaknya molekul air
dalam senyawa hidrat
·
Menghitung banyaknya zat dalam
campuran (% massa, % volum, bpj, molaritas, molalitas, dan fraksi mol) .
·
Menyimpulkan
penggunakan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan penyelesaian
penentuan massa atom relatif dan massa
molekul relatif serta persamaan reaksi.
·
Menyajikan hasil percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier.
·
Mempresentasikan
hasil kajian tentang hukum Proust, hukum Dalton, hukum
Gay Lussac dan hukum Avogadro.
·
Menyajikan penyelesaian
penentuan rumus empiris dan rumus
molekul serta senyawa hidrat.
·
Menyajikan penentuan kadar zat
dalam campuran.
·
Menyajikan penyelesaian penggunaan konsep mol untuk
menyelesaikan perhitungan kimia.
|
Tugas
·
Merancang percobaan untuk
membuktikan hukum Lavoisier
Observasi
·
Sikap ilmiah saat diskusi,
merancang dan melakukan percobaan dengan lembar pengamatan
Portofolio
·
Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
·
Menentukan massa atom relatif (Ar) dan massa molekul relatif (Mr)
·
Menentukan rumus empiris dan rumus molekul serta
senyawa hidrat.
·
Menentukan kadar zat dalam
campuran
·
Menyetarakan persamaan reaksi
·
Menerapkan konsep mol dalam perhitungan
kimia
|
8 mgg x 3 jp
|
·
Buku teks kimia
·
Literatur lainnya
·
Encarta Encyclopedia
·
Lembar kerja
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif )
dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan
dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama,santun,
toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3
Menunjukkan
perilaku responsif, dan proaktif sertabijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.11 Menerapkan konsep massa atom relatif
dan massa molekul relatif, persamaan
reaksi, hukum-hukum
dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan
kimia
|
|||||
4.11 Mengolah dan menganalisis data
terkait massa atom relatif dan massa
molekul relatif, persamaan reaksi,
hukum-hukum dasar kimia, dan
konsep mol untuk menyelesaikan
perhitungan kimia.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar