SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas : XI
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon,
termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaranTuhan
YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
· Senyawa hidrokarbon (Identifikasi atom C,H dan O)
· Kekhasan atom
karbon.
· Atom C primer,
sekunder , tertier, dan kuarterner.
· Struktur Alkana, alkena dan alkuna
· Isomer
·
Sifat-sifat fisik alkana, alkena dan alkuna
· Reaksi senyawa hidrokarbon
· Minyak bumi
·
fraksi minyak bumi
·
mutu bensin
· Dampak pembakaran bahan bakar dan cara
mengatasinya
· Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mengamati(Observing)
· Mengkaji
dari berbagai sumber tentang senyawa hidrokarbon
· Mengamati
demonstrasi pembakaran senyawa karbon (contoh pemanasan gula).
Menanya(Questioning)
· Mengajukan
pertanyaan mengapa senyawa hidrokarbon banyak
sekali terdapat di alam?
· Bagaimana cara mengelompokkan senyawa hidrokarbon?
· Bagaimana cara memberi nama senyawa hidrokarbon?
· Mengajukan
pertanyaan senyawa apa yang dihasilkan pada reaksi pembakaran senyawa karbon?
· Dari unsur apa senyawa tersebut tersusun?
· Bagaimana
reaksinya?
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·
Menganalisis senyawa yang terjadi pada pembakaran senyawa
karbon berdasarkan hasil pengamatan
·
Menentukan kekhasan atom karbon
·
Menganalisis
jenis atom C berdasarkan jumlah atom C yang terikat dari rantai atom karbon (atom C primer, sekunder ,
tertier, dan kuarterner)
· Menentukan
rumus umum Alkana, alkena dan alkuna berdasarkan
analisis rumus strukturnya
· Mendiskusikan aturan IUPAC
untuk memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna
· Mendiskusikan
pengertian isomer (isomer rangka, posisi, fungsi,
geometri)
· Memprediksi
isomer dari senyawa hidrokarbon
· Menganalisis
reaksi senyawa hidrokarbon
Mengasosiasi(Associating)
·
Menghubungkan rumus struktur alkana, alkena dan alkuna
dengan sifat fisiknya
·
Berlatih membuat isomer senyawa karbon
· Berlatih
menuliskan reaksi senyawa karbon
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Menyampaikan
hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran dengan lisan atau tertulis, dengan
menggunakan tata bahasa yang benar.
Mengamati (Observing)
·
Menggali informasi dengan cara membaca/ mendengar/menyimaktentang, proses pembentukan minyak bumi dan gas alam,
komponen-komponen
utama penyusun minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, dampak pembakaran hidrokarbon
terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan bagaimana
terbentuknya minyak bumi dan gas alam, cara pemisahan (fraksi minyak bumi), bagaimana meningkatkan mutu bensin, apa dampak pembakaran hidrokarbon
terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam
Mengumpulkan
data (Eksperimenting)
·
Mengumpulkan informasi dampak
pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam.
Mengasosiasi
(Associating)
·
Menjelaskan proses penyulingan bertingkat dalam bagan fraksi destilasi bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi
minyak bumi
·
Membedakan kualitas bensin berdasarkan
bilangan oktannya.
· Mendiskusikan
dampak pembakaran hidrokarbon terhadap
lingkungan dan kesehatan serta cara
mengatasinya
· Mendiskusikan
bahan bakar alternatif
selain dari minyak bumi dan gas alam
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok tentang.
proses pembentukan minyak bumi dan gas alam,
komponen-komponen
utama penyusun minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, dampak pembakaran hidrokarbon
terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif
selain dari minyak bumi dan gas alam dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
|
Tugas
·
Membuat bahan presentasi tentang minyak bumi, bahan bakar alternatif selain dari
minyak bumi dan gas alam dalam kerja kelompok serta
mempresentasikan
Observasi
·
Mengamati sikap ilmiah dalam melakukan
percobaan dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
·
Laporan hasil
identifikasi atom C,H dan O dalam sampel
·
Hasil rangkuman
Tes tertulis uraian menganalisis :
· Kekhasan atom
karbon.
· Atom C primer,
sekunder, tertier, dan kuarterner.
· Struktur akana, alkena dan alkuna serta tatanama menurut IUPAC
· Isomer
· Pemahaman reaksi senyawa karbon
· Mengevaluasi dampak pembakaran minyak bumi
dan gas alam.
|
3 mgg x 4 jp
|
· Buku kimia
· Lembar kerja
· molymod
· Berbagai sumber dari migas atau yang lainnya
|
1.2 Mensyukuri kekayaan alam Indonesia
berupa minyak bumi, batubara dan gas
alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat
dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
|||||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsifdan
pro-aktifsertabijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuatkeputusan
|
|||||
3.1
Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon
berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya.
|
|||||
3.2
Memahami proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak
bumi serta kegunaannya.
|
|||||
3.3
Mengevaluasi dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan
dan kesehatan serta cara mengatasinya.
|
|||||
4.1
Mengolah dan menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan
atom karbon dan penggolongan senyawanya.
|
|||||
4.2
Menyajikan
hasil pemahaman tentang proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi
minyak bumi beserta kegunaannya.
|
|||||
4.3 Menyajikan
hasil evaluasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan
kesehatan serta upaya untuk mengatasinya.
|
|||||
1.1
Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon,
termokimia, lajureaksi, kesetimbangan kimia,
larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
· Reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
· Perubahan entalpi reaksi
-
Kalorimeter
-
Hukum Hess
-
Energi ikatan
|
Mengamati (Observing)
· Menggali
informasi dengan cara membaca/ mendengar/mengamati/sistem dan lingkungan, perubahan
suhu, kalor yang dihasilkan pada
pembakaran bahan bakar, dan dampak pembakaran tidak sempurna dari
berbagai bahan bakar
Menanya (Questioning)
· Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan:
reaksi eksoterm dan endoterm dalam
kehidupan sehari-hari, bagaimana
menentukan perubahan entalpi reaksi
Mengumpulkan data
(Eksperimenting)
· Mendiskusikan
pengertian sistem dan lingkungan
· Mendiskusikan
macam-macam perubahan entalpi
· Merancang dan mempresentasikan rancangan percobaan
- Reaksi Eksoterm dan Reaksi Endoterm
- Penentuan Perubahan Entalpi dengan
Kalorimeter
-
Penentuan Kalor Pembakaran Bahan Bakar
· Melakukan percobaan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm; penentuan perubahan entalpi dengan Kalorimeter
dan penentuan kalor pembakaran bahan bakar
· Mengamati dan
mencatat hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
· Menganalisis data untuk membuat diagram siklus dan diagram
tingkat
· Mengolah
data untuk menentukan harga perubahan entalpi (azas Black)
· Membandingkan perubahan entalpi pembakaran sempurna
dengan pembakaran tidak sempurna melalui perhitungan
· Menghubungkan
perubahan entalpi reaksi dengan energi ikatan
·
Menghitung perubahan entalpi
berdasarkan hukum Hess dan energi
ikatan
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Membuat laporan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang
benar.
·
Mempresentasikan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang
benar.
|
Tugas
· Merancang percobaan reaksi eksoterm, reaksi endoterm dan
mengkaitkannya dengan peristiwa sehari-hari
· Merancang percobaan penentuan perubahan entalpi
dengan Kalorimeter dan mengkaitkannya dengan peristiwa sehari-hari
·
Merancang percobaan kalor pembakaran bahan bakar
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: melihat skala volume
dan suhu, cara menggunakan pipet, cara
menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
· Pemahaman
reaksi eksoterm dan
reaksi endoterm
· Membuat diagram siklus dan diagram tingkat berdasarkan
data
· Menentukan perubahan entalpi (
H) reaksi
|
3 mgg x 4 jp
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
1.2 Mensyukuri
kekayaan alam Indonesia berupa minyak
bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai
anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
|||||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
|||||
2.3
Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.4
Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
berdasarkan hasil percobaan dan diagram tingkat energi.
|
|||||
3.5
Menentukan DH
reaksi berdasarkan hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar,
dan data energi ikatan.
|
|||||
4.4
Merancang, melakukan, menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm.
|
|||||
4.5
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan penentuan DH suatu reaksi.
|
|||||
1.1 Menyadari
adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi,
kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan
pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
· Teori tumbukan
· Faktor-faktor penentu laju reaksi
· Orde reaksi dan
persamaan laju reaksi
|
Mengamati (Observing)
·
Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati reaksi yang
berjalan sangat cepat dan reaksi yang berjalan sangat lambat, contoh petasan, perkaratan (korosi)
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan
pertanyaan terkait hasil observasi mengapa ada reaksi yang lambat dan reaksi
yang cepat
Mengumpulkan data
(Eksperimenting)
· Mendiskusikan pengertian laju reaksi
· Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
· Merancang dan
mempresentasikan hasil rancangan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi (ukuran, konsentrasi, suhu dan katalis) untuk menyamakan persepsi
· Melakukan percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju
reaksi.
·
Mengamati dan
mencatat data hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
· Mengolah data untuk
membuat grafik laju reaksi
· Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
· Mengolah dan menganalisis data hasil
percobaan untuk menentukan orde reaksi dan persamaan laju reaksi
·
Menghubungkan faktor katalis dengan pengaruh katalis yang
ada dalam industri
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Membuat laporan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang
benar.
· Mempresentasikan hasil percobaandengan menggunakan tata bahasa yang
benar.
|
Tugas
· Merancang percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju
reaksi
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: melihat skala volume
dan suhu, cara menggunakan pipet, cara
menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, tanggungjawab, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
· Menganalsis data
hasil percobaan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi
· Membuat grafik laju
reaksi berdasarkan data
· menganalisis
data hasil percobaan untuk menentukan
orde reaksi dan persamaan laju reaksi
|
3 mgg x 4 jp
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran,
cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber
daya alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsifdan
pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.6
Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan
reaksi kimia.
|
|||||
3.7 Menganalisis
faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi dan menentukan orde reaksi berdasarkan data
hasil percobaan.
|
|||||
4.6 Menyajikan
hasil pemahaman terhadap teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan reaksi
kimia.
|
|||||
4.7
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi dan orde reaksi.
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon,
termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut
sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
· Kesetimbangan dinamis
· Pergeseran arah kesetimbangan
· Tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp)
|
Mengamati (Observing)
· Mengamati dengan cara membaca/mendengar/ melihat dari berbagai sumber tentang kesetimbangan kimia, contoh demonstrasi reaksi timbal sulfat dengan kalium iodida yang terbentuk warna kuning, setelah penambahan natriumsulfat kembali terbentuk endapan putih.
Menanya (Questioning)
· Mengajukan
pertanyaan mengapa terjadi reaksi balik (reaksi kesetimbangan dinamis), dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi pergeseran
kesetimbangan?
Mengumpulkan
data (Eksperimenting)
·
Mendiskusikan reaksi yang terjadi berdasarkan hasil
demonstrasi
·
Mendiskusikan terjadinya reaksi
kesetimbangan
dan jenis-jenisnya
·
Menuliskan persmana reaksi dalam
kesetimbangan
·
Merancang percobaan faktor-faktor yang menggeser arah
kesetimbangan dan mempresentasikannya untuk menyamakan persepsi
·
Melakukan percobaan faktor-faktor yang
menggeser arah kesetimbangan (konsentrasi, volum, tekanan dan suhu)
·
Mengamati dan mencatat
data hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
·
Mengolah dan
menganalisis data faktor-faktor yang menggeser arah
kesetimbangan
·
Mengaplikasikan faktor-faktor
yang menggeser arah kesetimbangan untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam
industri
·
Diskusi informasi untuk menentukan
komposisi zat dalam keadaan setimbang, derajat disosiasi (α), tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp) dan
hubungan Kc dengan Kp
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Membuat
laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang
benar.
|
Tugas
· Merancang percobaan faktor-faktor yang menggeser arah
kesetimbangan
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: melihat skala volume
dan suhu, cara menggunakan pipet, cara
menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
· menganalisis
data faktor-faktor yang menggeser arah
kesetimbangan
· menentukan komposisi zat dalam keadaan setimbang, derajat
disosiasi (α), tetapan kesetimbang-an
(Kc dan Kp) dan hubungan Kc dengan Kp
|
4 mgg x4 jp
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuat keputusan.
|
|||||
3.8 Menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang
diterapkan dalam industri.
|
|||||
3.9
Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan
hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
|
|||||
4.8 Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan faktor-faktor
yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
|
|||||
4.9
Memecahkan masalah terkait hubungan kuantitatif antara
pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat
hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan
tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
· Perkembangan
konsep
asam dan basa
· Indikator
· pH asam lemah, basa lemah, dan pH asam kuat basa kuat
|
Mengamati (Observing)
· Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/
mengamati dan menyimpulkan data percobaan untuk memahami teori asam
dan basa, indikator alam dan indikator kimia, pH (asam/basa lemah, asam/basa
kuat)
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan adakah bahan-bahan disekitar kita yang dapat
berfungsi sebagai indikator
· Apa
perbedaan asam lemah dengan asam kuat dan basa lemah dengan basa kuat
Mengumpulkan
data (eksperimenting)
·
Menganalisis teori asam basa berdasarkan konsep Arrhenius,
Bronsted Lowry dan Lewis
·
Mendiskusikan bahan alam yang dapat diguna-kan sebagai indikator
·
Merancang dan mempresentasikan rancangan
percobaan indikator alam dan indikator kimia, untuk menyamakan persepsi
·
Melakukan percobaan indikator alam dan
indikator kimia.
·
Mendiskusikan perbedaan asam/basa lemah dengan asam/basa
kuat
·
Merancang dan mempresentasikan rancangan
percobaan membedakan
asam/basa lemah dengan asam/basa kuat yang konsentrasinya sama dengan
indikator universal atau pH meter untuk
menyamakan persepsi
·
Melakukan percobaan membedakan
asam/basa lemah dengan asam/basa kuat yang konsentrasinya sama dengan indikator
universal atau pH meter
· Mengamati
dan mencatat hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
·
Menyimpulkan konsep asam basa
·
Mengolah dan menyimpulkan data bahan alam yang dapat digunakan sebagai indikator.
·
Menganalisis indikator yang dapat digunakan untuk
membedakan asam dan basa atau titrasi asam dan basa
·
Memprediksi pH larutan dengan
menggunakan beberapa indikator.
·
Menyimpulkan perbedaan asam /basa lemah dengan asam/basa
kuat
·
Menghitung pH larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat
·
Menghubungkan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat untuk
mendapatkan derajat ionisasi ( α ) atau tetapan ionisasi ( Ka )
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang
benar.
· Mengkomunikasikan bahan alam yang
dapat digunakan sebagai indikator asam basa
|
Tugas
· Merancang percobaan indikator alam dan indikator kimia
· Merancang
percobaan kekuatan asam dan basa
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: melihat skala volume
dan suhu, cara menggunakan pipet, cara
menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
·
Pemahaman konsep asam basa
·
Menghitung pH larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat
·
Menganalisis kekuatan asam basa dihubungan dengan derajat ionisasi ( α ) atau tetapan ionisasi (Ka )
|
3 mgg x 4 jp
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsive dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.10
Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa
dan/atau pH larutan.
|
|||||
4.10 Mengajukan
ide/gagasan tentang penggunaan indikator yang tepat untuk menentukan keasaman
asam/basa atau titrasi asam/basa.
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat
hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan
tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
· Titrasi asam basa
· Kurva titrasi
|
Mengamati (Observing)
·
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang titrasi asam basa .
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan apa fungsi
indikator dalam titrasi asam basa, Indikator apa yang tepat untuk titik titrasi asam basa,
kapan titrasi dinyatakan selesai?
·
Bagaimana menguji kebenaran konsentrasi suatu produk,misalnya cuka dapur 25%.
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·
Merancang percobaan dan mempresentasikan
hasil rancangan titrasi asam basa untuk menyamakan
persepsi
·
Memprediksi indikator yang dapat digunakan untuk titrasi
asam basa
·
Melakukan percobaan titrasi asam basa.
·
Mengamati dan mencatat data hasil titrasi
Mengasosiasi (Associating)
·
Mengolah data hasil percobaan
·
Menentukan konsentasi pentiter atau
zat yang dititer
·
Menentukan kemurnian suatu zat
·
Menganalisis kurva titrasi dan menentukan titik ekivalen melalui
titik akhir titrasi
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Membuat laporan titrasi asam basa dan
mempresentasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar
· Menngkomunikasikan bahwa untuk
menentukan kemurnian suatu zat dapat dilakukan dengan cara titrasi
asam basa.
|
Tugas
· Merancang percobaan titrasi asam basa
· Membuat
kurva/grafik titrasi
Observasi
· Mengamati sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan
presentasi, misalnya: merangkai alat titrasi melihat skala volume, cara mengisi buret, cara menggunakan
pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
· Kurva titrasi
Tes tertulis uraian
·
Menentukan konsentasi pentiter atau
zat yang dititer
·
Menganalisis kurva titrasi dan menentukan titik ekivalen melalui
titik akhir titrasi
|
2 mgg x 4 jp
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
|||||
2.3
Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
|
|||||
4.11 Menentukan
konsentrasi/kadar asam atau basa berdasarkan data hasil titrasi asam basa.
|
|||||
4.11 Merancang, melakukan, dan
menyimpulkan serta menyajikan hasil
percobaan titrasi asam-basa.
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat
hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan
tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
· Sifat garam yang terhidrolisis
· Tetapan hidrolisis (Kh)
· pH garam yang terhidrolisis
|
Mengamati (Observing)
·
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang hidrolisis garam
· Melakukan identifikasi pH garam dengan menggunakan kertas
lakmus atau indikator universal atau pH meter
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan sifat garam yang berasal dari:
- asam kuat dan
basa kuat,
- asam kuat dan
basa lemah,
- asam lemah dan
basa kuat,
-
asam lemah dan basa lemah
Mengumpulkan
data (Eksperimenting)
·
Merancang percobaan dan
mempresentasikan hasil rancangan identifikasi pH garam untuk menyamakan
persepsi
·
Melakukan percobaan identifikasi
garam.
·
Mengamati dan mencatat hasil titrasi
Mengasosiasi (Associating)
·
Mengolah dan
menganalisis data hasil pengamatan
·
Menyimpulkan sifat garam yang terhidrolisis
·
Menganalisis rumus kimia
garam-garam dan memprediksi
sifatnya
·
Menentukan grafik hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan sifat garam
yang terhidrolisis
·
Menentukan tetapan hidrolisis (Kh) dan
pH larutan garam yang terhidrolisis melalui perhitungan
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Membuat laporan percobaan identifikasi garam dan
mempresentasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar
|
Tugas
· Merancang
percobaan hidrolisis garam
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: cara menggunakan kertas lakmus, indikator universal atau pH meter; melihat skala volume dan suhu, cara menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
·
Menganalisis grafik
hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa
untuk menjelaskan sifat garam yang terhidrolisis
·
Menentukan tetapan hidrolisis (Kh) dan
pH larutan garam yang terhidrolisis melalui perhitungan
|
3 mgg x 4 jp
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu, disiplin,
jujur, objektif,
terbuka, mampu
membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,
inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan
serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsifdan
pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.12 Menganalisis
garam-garam yang mengalami hidrolisis.
|
|||||
4.12 Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan
jenis garam yang mengalami hidrolisis.
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat
hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan
tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
· Sifat larutan penyangga
· pH larutan penyangga
· Peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
|
Mengamati (Observing)
·
Mencari informasi dari
berbagai sumber tentang larutan penyangga, sifat dan pH larutan
penyangga serta peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk
hidup
· Mencari informasi tentang darah yang berhubungan dengan kemampuannya
dalam mempertahankan pH terhadap penambahan asam atau basa dan pengenceran
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan bagaimana terbentuknya larutan
penyangga
·
Mengapa larutan penyangga pHnya relatif tidak berubah dengan
penambahan sedikit asam atau basa
· Apa manfaat
larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
Mengumpulkan
data (Eksperimenting)
·
Menganalisis terbentuknya larutan penyangga
· Menganalisis
sifat larutan penyangga
· Merancang percobaan
untuk mengetahui larutan yang bersifat
penyangga atau larutan yang bukan penyangga dengan menggunakan indikator
universal atau pH meter serta mempresentasikan hasil
racangan untuk menyamakan persepsi
· Merancang percobaan
untuk mengetahui sifat larutan penyangga atau larutan yang bukan penyangga dengan
penambahan sedikit asam atau basa atau bila diencerkan serta mem-presentasikan hasil rancangan untuk menyamakan
persepsi
·
Melakukan percobaan
· Mengamati
dan mencatat data hasil pengamatan
Mengasosiasi (Associating)
·
Mengolah dan menganalisis
data untuk menyimpulkan
larutan yang bersifat penyangga
·
Menentukan pH larutan penyangga
melalui perhitungan
· Menentukan
grafik hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa
untuk menjelaskan sifat larutan penyangga
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Membuat laporan percobaan identifikasi garam dan
mempresentasikannya dengan mengguna-kan tata bahasa yang benar
· Mengkomunikasikan sifat larutan penyangga dan manfaat
larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
|
Tugas
· Merancang
percobaan larutan penyangga
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: cara menggunakan kertas lakmus, indikator universal atau pH meter; melihat skala volume dan suhu, cara menggunakan pipet, cara menim-bang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
· Menganalisis data untuk menyimpulkan larutan yang bersifat penyangga
·
Menghitung pH larutan penyangga
·
Menganalisis grafik
hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa
untuk menjelaskan sifat larutan penyangga
|
3 mgg x 4 jp
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsifdan
pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.13 Menganalisis
peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
|
|||||
4.13 Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan
sifat larutan penyangga.
|
|||||
1.1
Menyadari adanya keteraturan dari
sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan
tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
· Kelarutan dan hasilkali kelarutan
· Memprediksi terbentuknya endapan
· Pengaruh penambahan ion senama
|
Mengamati (Observing)
· Mencari informasi dari berbagai sumber dengan membaca/mendengar/mengamati tentang kelarutan
dan hasilkali kelarutan serta memprediksi terbentuknya
endapan dan pengaruh penambahan ion senama
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan kelarutan dan
hasilkali kelarutan.
· Mengapa Kapur (CaCO3) sukar larut dalam air ?
Mengumpulkan
data (Eksperimenting)
·
Mendiskusikan reaksi kesetimbangan kelarutan
·
Mendiskusikan rumus tetapan kesetimbangan (Ksp)
·
Merancang percobaan
kelarutan suatu zat dan mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
·
Melakukan percobaan kelarutan
suatu zat
· Mengamati
dan mencatat data hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
·
Diskusi informasi tentang hubungan
kelarutan dan hasil kali kelarutan
·
Diskusi informasi tentang pengaruh ion senama pada kelarutan.
·
Memprediksi kelarutan suatu zat
·
Menghitung kelarutan dan hasil kali kelarutan
· Mengolah data hasil percobaan
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
|
Tugas
· Merancang percobaan reaksi pengendapan
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: melihat skala volume dan suhu, cara menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, tanggung jawab, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
· Menghitung kelarutan dan hasilkali kelarutan
·
Memprediksi kelarutan suatu zat
|
4 mgg x 4 jp
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu, disiplin,
jujur, objektif,
terbuka, mampu
membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,
inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan
serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsifdan
pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.14
Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi
berdasarkan prinsip kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).
|
|||||
4.14 Mengolah
dan menganalisis data hasil percobaan untuk memprediksi terbentuknya endapan.
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat
hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan
tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
· Sistem koloid
· Sifat koloid
· Pembuatan koloid
· Peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari dan industri
|
Mengamati (Observing)
· Mencari informasi dari berbagai sumber dengan membaca/mendengar/mengmati tentang
sistem koloid, sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranan koloid dalam
kehidupan sehari-hari
· Mencari
contoh-contoh koloid yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari.
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan perbedaan larutan sejati, koloid dan suspensi, sistem
koloid yang terdapat dalam kehidupan (kosmetik, farmasi, bahan makanan dan lain-lain)
· Mengapa
piring yang kotor karena minyak harus dicuci menggunakan sabun?
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·
Mendiskusikan hasil bacaan tentang sistem koloid,
sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranan koloid dalam kehidupan
sehari-hari
·
Merancang percobaan pembuatan koloid dan
mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
·
Melakukan percobaan pembuatan koloid
·
Mengamati dan mencatat data hasil percobaan
· Mendiskusikan
bahan/zat yang berupa koloid dalam industri farmasi, kosmetik,
bahan makanan, dan lain-lain
Mengasosiasi (Associating)
·
Menganalisis dan menyimpulkan data
percobaan
·
Menghubungkan sistem koloid dengan sifat koloid
· Diskusi informasi tentang koloid liofob dan hidrofob
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Mempresentasikan hasil rangkuman tentang
sistem koloid, sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranan koloid dalam
kehidupan sehari-hari
· Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang
benar
·
Mengkomunikasikan peranan koloid dalam
industri farmasi, kosmetik, bahan makanan, dan lain-lain.
|
Tugas
· Membuat peta konsep tentang sistem koloid, sifat-sifat koloid,
pembuatan koloid dan peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari
dan mempresentasi-kannya
· Merancang percobaan pembuatan koloid
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: melihat skala volume/suhu, cara menggunakan senter (effek Tyndall)
cara menggunakan pipet, menimbang, keaktifan,
kerja sama, komunikatif, tanggung jawab, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
· Pemahaman sistem koloid, sifat koloid, dan pembuatan koloid
|
3 mgg x 4 jp
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsive dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.15
Menganalisis peran koloid dalam
kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
|
|||||
4.15 Mengajukan ide/gagasan untuk memodifikasi pembuatan koloid berdasarkan pengalaman membuat beberapa jenis koloid.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar